PERBEDAAN PERFORMA MENGAJAR ANTARA DOSEN KEPERAWATAN PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SWASTA DI PROVINSI JAWA TENGAH, INDONESIA

  • Yektiningtyastuti Yektiningtyastuti
Keywords: Performa mengajar, dosen keperawatan, negeri, swasta

Abstract

Keterampilan profesional dan kompetensi dosen dapat dilihat dari performa mengajar. Performa mengajar mengacu pada pengetahuan, keterampilan, dan bahkan kemampuan yang harus dimiliki dan dapat ditunjukkan oleh para dosen dalam kegiatan mengajar mereka.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui performa mengajar dosen keperawatan di ruang kelas dan di wahana klinik, baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan metode deskriptif komparatif. Responden terdiri dari 134 dosen keperawatan.

Data penelitian berasal dari jawaban responden terhadap satu paket kuesioner performa mengajar, yang terdiri dari 33 item pertanyaan. Studi pendahuluan dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 37 dosen keperawatan di dua program studi keperawatan dan memperoleh skor Alpha Cronbach 0,920. Data penelitian dikumpulkan secara pribadi oleh peneliti dari dua program studi keperawatan di perguruan tinggi negeri dan lima program studi keperawatan di perguruan tinggi swasta. Analisa data yang digunakan adalah uji-t independent.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam performa mengajar di ruang kelas antara dosen keperawatan pada perguruan tinggi negeri dan swasta (t hitung  = 1,25844 < t tabel = 1,96). Dalam hal pembelajaran di wahana klinik, didapatkan ada perbedaan yang signifikan dalam performa mengajar antara dosen keperawatan pada perguruan tinggi negeri dan swasta (t  hitung = 2,72417 > t tabel = 1,96)

Published
2020-08-28