Dampak Bermain Play Station Pada Anak Usia Sekolah (10 – 12 tahun) di SD Gempolan Kec. Gurah Kabupaten Kediri

Main Article Content

Susi Erna Wati S.Kep.,Ns.M.Kes

Abstract

Play Station merupakan permainan berbasis komputer dan televisi menggunakan program-program komputer  yang banyak sekali jenis permainannya. Bentuk permainan ini sudah termasuk sangat banyak penggemarnya, maraknya play station disatu sisi banyak membantu kecerdasan anak, namun disisi lain dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak, diantaranya malas belajar, nilai pelajaran menjadi jelek, bahkan sampai lupa makan dan minum. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak bermain play station pada anak usia sekolah (10 – 12 tahun) di SD Gempolan Kec. Gurah Kab. Kediri.


Desain penelitian ini menggunakan deskriptif dengan jumlah populasi 44 anak, teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, jumlah sampel yang didapat sebanyak 32 anak, dan instrumen yang dipakai dalam penelitian berupa kuesioner.


Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak negatif bermain play station  sebanyak 91 % sedangkan dampak positifnya sebanyak 9 %.


Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lebih banyak dampak negatif daripada dampak positif, karena permainan Play Station menimbulkan efek ketagihan sehingga kewajiban anak disekolah ataupun dirumah bisa terbengkalai.


Berdasarkan hal tersebut diharapkan orangtua membatasi waktu bermain anak, dan selalu mengawasi dan mengontrol anaknya. Bagi tempat penelitian diharapkan mengarahkan anak didiknya untuk mengisi waktu luang dengan hal positif seperti bimbingan belajar maupun kegiatan ekstrakurikuler.


 


Kata kunci : dampak bermain play station, anak usia sekolah.

Article Details

Section
Articles