HUBUNGAN KESIAPAN MAHASISWA DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN PADA METODE PENDIDIKAN JARAK JAUH MAHASISWA PROGRAM SARJANA STIKES AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CILACAP

Main Article Content

Intan Apriana Putri
Agus Prasetyo
Bejo Danang Saputra

Abstract

Covid-19 saat ini masih terus berlangsung membawa perubahan pada dunia pendidikan di Indonesia dengan pemberlakuan pendidikan jarak jauh (PJJ). Pada metode PJJ ini mahasiswa harus mempunyai kesiapan dan kemampuan pemahaman materi pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kesiapan mahasiswa dengan kemampuan pemahaman materi pembelajaran pada metode PJJ mahasiswa program sarjana di STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey analitik, menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah cluster sampling. Jumlah sampel 77 mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kesiapan mahasiswa dengan kemampuan pemahaman materi pembelajaran pada metode pendidikan jarak jauh mahasiswa program sarjana di STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap tahun 2021 (p value = 0,001 < α = 0,05).


Kata Kunci: Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), kesiapan mahasiswa, kemampuan pemahaman materi pembelajaran.

Article Details

Section
Articles