Pemberian Paket Intervensi Keperawatan Sebagai Upaya Pencegahan Komplikasi Sekunder Bagi Penyandang Dm Di Desa Menganti Kec. Kesugihan Cilacap

Main Article Content

Sodikin
Opi Irawansah
Safina Khoeriyah
Sugiharto

Abstract

Penyakit Diabetes mellitus (DM) atau dikenal juga sebagai lifelong disease merupakan penyakit metabolik yang tidak dapat disembuhkan tetapi hanya dapat dikendalikan/dikontrol. Kemampuan Penyandang DM dalam mengontrol atau mengidentifikasi faktor resiko komplikasi, melaksanakan skrining serta mengelola DM dapat menjadi upaya preventif komplikasi DM.  Upaya preventif dapat melalui upaya primer, sekunder, dan tertier. Adapun metode pelaksanaan pengabdian ini antara lain edukasi, intervensi pemeriksaan sensorik pada daerah kaki, pemeriksaan gula darah. Sehingga melalui upaya ini dapat ditingkatkan kemampuan penyandang DM dalam membantu manajemen diri penatalaksanaan DM yang optimal. Hasil pengabdian menunjukkan peserta (kader kesehatan dan penyandang DM) pengabdian terjadi peningkatan pengetahuan baik pre dan post test. Nilai terendah pre test 60 menjadi nilai 80 post test. Peserta pengabdian mampu melakukan pemeriksaan gula darah, memahami terjadinya komplikasi sekunder DM, mampu melakukan pemeriksaan kaki secara mandiri.


Saran sebaiknya penyandang DM untuk selalu aktif dalam mengontrol terjadinya komplikasi secara mandiri, dan bagi kader kesehatan dapat membantu deteksi dini komplikasi dengan melihat tanda dan gejala serta melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin bagi penyandang DM di wilayahnya.

Article Details

Section
Articles